You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Loading...
Nasi Uduk Mpok Nur

Inilah Perbedaan Nasi Uduk dengan Nasi Lemak

Inilah Perbedaan Nasi Uduk dengan Nasi Lemak
  • Date:
  • Posted by:

Sering dikira sama. Padahal, meskipun keduanya memiliki banyak kemiripan, nasi uduk dengan nasi lemak itu berbeda.

Nasi lemak di Sumatera dan nasi uduk di Jakarta itu sama-sama dari jenis nasi gurih yang diolah dengan cara liwet. Keduanya juga memiliki banyak kesamaan. Mulai dari sejarah kedatangan hingga pengolahannya. Keduanya berasal dari bangsa Melayu, yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan kolonial.

Nasi lemak terlebih dulu hadir di tanah Sumatera. Langsung dari bangsa Melayu yang datang pasca kedatangan Portugis ke Malaka. Sedangkan nasi uduk beasal dari bangsa Melayu yang datang ke Jakarta dan bertemu dengan orang Jawa. Jadi orang Melayu dan orang Jawalah yang "menghasilkan" nasi uduk.

Dalam perkembangannya, keduanya semakin berbeda karena akulturasi masyarakat setempat. Perbedaan itu terutama dari ragam lauk yang menjadi pendamping nasi.

Di Betawi, nasi uduk identik dengan lauk jengkol dengan tambahan semur tahu atau tempe hingga ayam goreng dan mpal daging. Nasi uduk pun bisa dinikmati dari waktu sarapan hingga sampai malam hari.

Sedangkan nasi lemak identik menggunakan lauk dengan bumbu rendang. Bisa rendang ayam, ataupun rendang daging sapi. Selain itu nasi lemak juga dilengkapi dengan sambal teri kacang, dan telur balado. Juga bisa ditambahkan sayur, mentimun, perkedel, kerupuk, maupun ikan goreng.

Di balik persamaan dan perbedaan tersebut, keduanya merupakan kuliner warisan leluhur yang enak, yang wajib Anda coba.

Share this post:

Related Posts